Tuesday, March 10, 2009

Proses belajar SAP di Komputer Teknologi

Salam,

Selamat bergabung bagi yang baru saja bergabung di Milis komputer Teknologi ini, tentunya yang join dimilis punya kepentingan masing-masing, apakah ingin sharing pengalaman, menambah ilmu, belajar, dll...
Kami pengurus Komputer Teknologi mengkhususkan milis ini sbg sarana belajar & mengajar masalah-masalah Komputer & Teknologi, para pengurus adalah kumpulan orang-orang profesional dibidangnya dan kerjaan utamanya sangat padat dan sibuk, tapi dengan rasa kesadaran untuk meningkatkan SDM Indonesia pengurus memaksakan untuk bisa memberikan sesuatu untuk dunia IT Indonesia.
Sejak 2 tahun lalu, Komputer Teknologi, mulai memberikan pelatihan secara gratis ataupun murah meriah dan terjangkau mulai dari CISA, SAP, PHP, Unix, dan sebagainya. Khususnya pelatihan SAP hingga sekarang berkembang dari hanya satu training hingga hampir sepuluh training saat ini, mulai yang dasar (Introduction) SAP20 Level 1, Technical (Basis, ABAP) hingga functional (FICO, PM, MM, PP) yang Level 3. semua informasi training ini bisa dilihat jadwalnya di www.komputer-teknologi.net
Tentu saja makin berkembang pelatihan ini, makin membutuhkan tenaga dan energi yang tidak sedikit, sedangkan instruktur ya itu-itu saja, sulit mengajak rekan-rekan konsultan SAP yg sudah mapan utk share sedikit pengalamannya.
Jadi kami mohon kalau ada kekurangan dalam pelatihan, baik materi maupun akses ke SAP, mohon maklum.

Tips mulai belajar SAP:
Banyak yang menanyakan jenjang pelatihan mulai dari mana sebaiknya, saya bisa berikan sedikit gambaran khususnya bagi yg baru mengenal software SAP, anda mulai dari SAP20 (Introduction to SAP business process) disini kenali dulu bagaimana software SAP menerapkan business process di perusahaan, kenali module2 nya, disini anda belajar melihat "The big picture of SAP".
Kemudian kalau anda lebih tertarik ke masalah teknis SAP, silahkan ambil KTAB400 ABAP Workbench atau KTADM100 SAP Web Application System Administration. Kalau anda lebih suka ke functionalnya, silahkan ambil KTPM100 SAP Plant Maintenance (Logistics), KTMM20 Material Management atau KTFC20 SAP Finance, itu semua adalah Level 1 training, berikutnya anda bisa ambil level 3 training terusan dari latihan2 tsb.
Fokus saja ke pelatihan yg anda ambil, jangan tergiur untuk melirik ke module2 lain, karena konsentrasi belajar anda akan buyar dan bercabang. Untuk jadi konsultan anda harus benar-benar belajar dari bawah dan bertahap, seperti juga main bola, belajar dulu passing, dribbling, dll... saya jamin anda akan kesilitan jika harus bertanding langsung di liga pro. Kira-kira begitu gambarannya...
Pada saatnya anda akan mengerti kenapa untuk menguasai SAP harus dari bawah.
Kenapa Komputer Teknologi memungut bayaran?
Pada awalnya saya mencetuskan ide untuk memberikan pelatihan, saya bilang gratis saja, tapi rekan-rekan pengurus bilang, kalau gratis belajarnya nanti ogah2an..., nggak luluspun cuek aja wong gratis kok... sehingga kesuksesan belajar mengajar tidak akan tercapai. Dilain pihak, kita perlu biaya untuk sewa software yang menunjang kegiatan ini seperti webinar, dll... kalau ada lebihnya bisa menunjang kegiatan darat seperti seminar, workshop, dll..
OK lah, selamat belajar dan mari kita tingkatkan daya saing pekerja IT Indonesia.

wassalam,
kang yayan.

13 comments:

Anonymous said...

Saya mau serius tapi ada yang gratis ga?motivasi saya ikut ini adalah ingin menambah wawasan&pemahaman tentang SAP karena menunjang dalam jurusan yang saya ambil yaitu IT&Akuntansi

Anonymous said...

Saya setuju, tetap bayar tetapi terjangkau gaji atau kantong mahasiswa. kenapa yang bilang begitu. Banyak karyawan dari perusahaan yang ingin bisa SAP tetapi mungkin tidak terpilih dalam tim, shg ingin belajar sendiri. Nah jika belajarnya gratis, maka akan menyepelekan baik waktu ataupun dana. Dengan membayar maka dia akan mengalokasikan waktunya termasuk dananya, sehingga belajarnya otomatis dengan sungguh-sungguh. Apalagi jika setelah lulus ada yang mengajak untuk ikut proyek. :)

Anonymous said...

wah iya nih... pengen turut memajukan IT indonesia, kita belajar bersama
www.abap-hr.co.cc

dedy.amirsyah said...

komtek memberikan les dengan harga terjangkau..
bahkan sangat terjangkau sekali...

Anonymous said...

saya sangat tertarik ni kaka untuk blajar SAP maklum saya masih orang awam nii...
kaka kalo boleh tau infonya kemana ya???saya sangat ingin sekali nii
yang penting sih terjangkau bagi kantong saya kaka sebagai mahasiswa
yang serba pas-pasan..
hehhehh..
thaks atas infonya kaka...

Unknown said...

Lokasi belajarnya dimana kang??

Octopus said...

tertarik juga neh belajar ASP dari mulai fundamental, dimana lokasinya mas ?

Anonymous said...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

Blog Azka said...

Kang, saya masih sangat awam dengan SAP. Kira-kira untuk yang sangat dasar saya mulai dari kategori SAP yang mana yach? Terus biayanya berapa, dan lokasi pelatihannya di mana?

anne-a said...

kaka...


saya bener2 pemula and mau belajar SAP dari basic...kalo boleh tau berapa biayanya nad dimana lokasinya..saya dan teman saya tertarik sekali...mohon tanggapannya kak..

salam,
anne

Ida Bagus Enderajana said...

Salam kenal Kang Yayan nama saya Endera , saya seorang konsultan IT (Oracle Technical Consultant). Kang Yayan saya belom pernah menggunakan mahluk yang namanya SAP he he he . . . oleh karena itu saya pengen sekali mengambil kursus . . . klau boleh tahu biayanya berapa .

Sekaian pertanyaan saya terima kasih sebelumnya atas bantuannya

fadly said...

salam kenal kang yayan, saya ingin skali belajar SAP, yang pasti yang sesuai dengan kemampuan saya, dan saya ingin tau berapa biaya kursusnya, dan dmn tempatnya,.. terima kasih
Email : jihad_sena@yahoo.co.id

asha said...

Nice Blog


angularjs training in Bangalore

angularjs training institutes in Bangalore

best angularjs training in Bangalore