Wednesday, December 20, 2006

FAQ - Seputar Pelatihan ABAP

Salam,

Banyak yang menanyakan tentang pelatihan ABAP yang akan diselenggarakan oleh Kom-Tek dan IPOMS Januari 2007, FAQ (Frequently Asked Question) saya rangkum dibawah ini:

Tanya: Kenapa kok trainingnya musti bayar?
Jawab: Berdasarkan pengalaman penyelenggaran training sebelumnya, penyelenggara memandang perlu untuk mendapatkan komitmen dari peserta pelatihan, biaya pelatihan tsb adalah komitmen peserta untuk mengikuti pelatihan ini, tanpa komitmen, acara ini akan sia-sia, yang paling penting adalah tujuan semula dari penyelenggaraan pelatihan ini tercapai, yaitu peningkatan SDM IT Indonesia dalam hal ini pengetahuan teknologi ERP yang saat ini sangat diperlukan expertise nya didunia kerja. Biaya pelatihan tersebut tidak lah berarti utk penyelenggara (bahkan tekor....kor..korr..), digunakan untuk menutupi kebutuhan pelatihan seperti, Cetak ulang DVD+CD SAP NW, ongkos kirim ke peserta, biaya pembuatan sertifikat, dll ... kalaupun ada kelebihannya maka 100% akan dikembalikan untuk kegiatan-kegiatan Kom-tek & Ipoms kedepan.

Tanya: Apakah Software SAP NW nya jalan di Linux atau Windows?
Jawab: Lihat ilustrasi dibawah ini:



Vmware server menjalankan "virtual machine" Linux Centos4.2 yang terinstal SAP NW2004, dan ini berjalan di background, setelah SAP nya jalan, anda boleh meng 'close' Vmware servernya. Makanya disarankan menggunakan vmware server, kalau vmware player, tidak bisa jalan di background, begitu program di close, maka virtual machine akan dishutdown atau disuspend.
Di PC anda praktis yang terlihat cuma SAP GUI saja yg jalan dan ini menghemat memory anda.

Tanya: Kenapa SAP nya di instal di VMware?
Jawab: Bagi orang kebanyakan menginstal SAP itu bukan pekerjaan mudah, makanya SAP NW nya sudah diinstal habis, pengguna cuma perlu mengextract ke PC masing-masing, dan jalankan file vmware tersebut di vmware server, that's it. Juga kalau suatu saat anda akan memindahkannya ke PC baru, cukup membackup vm nya saja tak perlu menginstal ulang SAP.... gichu...

Tanya: Berapa besar internet yang diperlukan utk mengikuti pelatihan ini?
Jawab: Pelatihan ini cukup unik, peserta diwajibkan mendengarkan tutor secara Live melalui Radio streaming, dan peserta siap dengan SAP NW nya yang sudah stand by di PC masing-masing, di rumah, dikantor maupun di warnet (kalau ada)... Radio streaming memerlukan 24kbps bandwidth, jadi kalau training berjalan 2 jam, maka bw yang terpakai adalah: 24kbps = 24k X 3600 = 86400 kb = 86,4 MB X 2 jam= 172,8 MB sekali pertemuan.
belum termasuk koneksi YM.

Tanya: Kenapa perlu tau salah satu pemrograman komputer dulu? bagaimana kalau saya belum pernah tau program komputer atau saya bukan orang IT?
Jawab: Ya itu prasarat untuk lancarnya acara pelatihan, jadi hasilnya akan lebih terarah tepat waktu dan mudah dimengerti. Minimal anda tau FLow logicnya program komputer.

Tanya: Kenapa dibatasi 50 peserta? gimana kalau pesertanya lebih dari itu?
Jawab: Kapasitas radio streamingnya cuma 50... kalau pesertanya lebih, akan kita seleksi, dan kelebihannya mungkin akan diikutkan di pelatihan berikutnya.

Tanya: Bisa nggak waktunya sore hari setelah pulang kerja, karena bisa menggunakan internet di kantor?
Jawab: Bisa saja, kalau bisa waktu di USA jam 6 pagi (setelah waktu subuh) atau pk 19:00 Malam WIB. Kalau Jam 5 sore WIB di jakarta maka di USA masih jam 4 pagi... instruktur nya masih teler... :)

Tanya : Kang yayan, nanya lagi neh. IP adress saya kan sharing dgn anak2 kostan saya di milan neh. apakah akan menjadi problem atau tidak selama proses instalasinya nanti?
Nuhun pisan kan.

Kang Yayan said...
IP address yg digunkan nya private, jadi nggak ngaruh dng IP address yg dishare dng teman2.

Mengenai Pelatihan
Idealnya, SAP DVD itu dipasang dikomputer yang memiliki 1G RAM
memori.

Peserta tahap awal dibatasi 50 orang. Mungkin saja diadakan acara belajar tahap berikutnya.

Peserta akan disaring setelah membeli dan membuktikan bahwa sudah berhasil menginstall DVD SAP Netweaver.

Peserta juga harus tahu minimal 1 bahasa pemrograman.

Ini adalah kegiatan sosial. Uang ala kadarnya yang ditarik untuk acara itu tidak cukup untuk mengganti pengorbanan waktu, tenaga, uang yang dikeluarkan. Training yang sama senilai $2500.

Mengadakan kursus on-line ERP SAP, Certified Information Systems Auditor (CISA), IT Governance, dll itu kelihatannya "remeh" tapi terus terang membutuhkan waktu, persiapan, dan dana yang tidak sedikit.

Kami tidak pernah kekurangan kritik dan saran. Tapi kami kekurangan tenaga yang mau membantu kami bekerja suka rela. Mohon maaf, kalau memberi saran mohon agar jangan sekedar menambah beban kerja kami.

Terima kasih atas pengertiannya.

Moderator milis,
M.Syarwani
http://www.komputer-teknologi.net



Bukti Berhasil Install SAP Netweaver 2004
Tolong di check dan kirimkan screen capture nya ke pak Syarwani sbb:

1. Ikuti dokumen PDF tentang instalasi SAP Netweaver dng VMware yg dikirimkan pada saat anda mengorder DVD.

Setelah anda login ke SAP NW4 using user Developer, lakukan sbb:

2. Dari menu Enjoy SAP (Kolom sebelah kiri) lihat gambar dibawah:

Systems->Status






3. Kemudian lakukan instalation check sbb:
Tools->Administration->Administration->Installation check





Kalau message nya: no errors reported
Berarti instalasi berhasil pergi ke langkah ke 4.
Kalau message nya error... maka anda perlu betulkan errornya, silahkan gunakan Forum Komp-tek untuk mengutarakan masalah anda.


4. Kemudian check Licensenya, kalau belum register silahkan register SAP NW2004 anda di sini.

Tools->Administration->Administration-SAP Licenses





Kalau masih ada pertanyaan selain itu silahkan kasih comment disini.

26 comments:

Anonymous said...

Kang Yayan, saya sempat browse ke http://www.ipoms.or.id/mambo/index.php apakah itu official web yg resmi maksud saya apakah web tersebut juga bisa dijadikan sarana untuk proses pembelajaran.

Trimakasih

Ipan S

Anonymous said...

Kang Yayan, apakah ada file SAP web application servernya yg untuk windows

Anonymous said...

Kang Yayan n other ,

Soal jam pelatihan sy setuju kalau mulai pkl 19 wib or jam 6 usa , bg sy ini menguntungkan ke2belah pihak , dimana pengajar gak terlalu pagi , n peserta sdh diluar jam kantor n gak sibuk lg

Teddy A

Kang Yayan said...

Ipoms adalah sisternya Komp-tek ... silahkan anda gali informasi dari sana.

SAP WAS WIndows,, silahkan lihat posting saya terhadulu, link nya ada disana.

Anonymous said...

kang yayan, jd dvd installernya baru bisa didapat setelah registrasi training ya?

Itu installer udah komplit ya?
Jadi kita bisa install server SAP di local komputer kita?

Thanks ya

Kang Yayan said...

Betul,,
Benar,,
leres...
sumuhun..

Anonymous said...

Kang yayan kan nanti dikasih DVD installernya jadi kita ga usah donlot file yg banyak itu ya toh. abis lama banget sih. betul tidak ini...?

Kang Yayan said...

yep... nggak usah unduh2 lagi...

Irman Oktavian said...

Saya siap ikutan Programnya , jadi gimana nih step nya ?

Anonymous said...

Kang Yayan, saya takut ketinggalan informasi trainingnya nih.. daftar satu yah (dah bisa daftar belum ya??). Thx Kang

Anonymous said...

Belum ada info pendaftaran dibuka? boleh mendaftar duluan ??

thx
Noegroho

Anonymous said...

Kang saya daftar di IPOMS terus saya ikutin semua stepnya, sampai sekarang belum bisa akses untuk SAP Trainingnya, saya takut ketinggalan kang. jadi tolong kalau ada pengumuman disebar luaskan agak lama kang mengingat internet kan lagi ga beres.

Thanks

Anonymous said...

Kang Yayan & Kom-Tek Senior,

Saya yakin session nanti akan membludak, ada yang beruntung ikutan mungkin juga ngak beruntung karena alasan tertentu.
Padahal session ini sangat bagus untuk "jalan" ke dunia ERP/SAP.

Kang Yayan, saya usul (kalu bisa) nanti sessionnya di rekam dan rekaman ini di gunakan sebagai latihan "off line" untuk pengulangan atau mengakomodir bagi rekan yang ngak beruntung akses on-line.

salam.

Kriwelz said...

yep.. saya daftar pre-opening deh.. :)
btw, bagaimana dengan masalah distribusi DVDnnya kang? saya sudah respon dengan mengirim email koq tidak ditanggapi.. (waktu itu yg buka vacancynya lupa.. :D )

Trims,

Ronald a.k.a kriwelz

Kang Yayan said...

Rekan-rekan dimana saja baerada,

Sebelum pendaftaran dibuka, nanti akan kita buka "Pra-pelatihan" atau, memenuhi syarat dari pelatihan itu sendiri, yaitu "Berhasil menginstal dan menjalankan SAP NW2004 di PC masing-masing",
Nah disini anda boleh order DVD+CD nya langsung dari distributor di Indonesia dng mengganti biaya "Shipping & Handling" seberar Rp.50 ribu saja. Kalau distributornya sudah siap, nanti akan diberitahu di website ini, kemana anda harus kirim uangnya.
Jikalau anda berminat mengikuti pelatihan , anda cuma perlu membayar sisanya saja yaitu Rp.150 rb.
Bagi yang berhasil lulus pelatihan, sertifikat akan dicetak dan dikirim langsung dari USA.

Sastro said...

Kang Yayan,

Saya daftar dong untuk training SAP.

aku tunggu kabar, kapan mulai pelatihan n harus bayar kemana.

Makasih.

Anonymous said...

Hallo bung Yayan,
Daftar saya juga sebagai peserta.
Kalau bisa pertemuan onlinenya hari libur Sabtu/Minggu.

Jadi tidak bentrok dengan tugas harian kerja senin-jum'at saya.

Salam dari orang Indonesia, //Mikail di Stockholm
IT-Telecom Consultant
mikail_jz@yahoo.se

Anonymous said...

jika saya tidak masuk ke dalam kapasitas 50 org peserta training,
apakah memungkinkan bagi saya untuk tetap bisa memesan dvd, dan mendapatkan beberapa copy-an cd langkah instalasi dan bahan2 SAP yg bisa dipelajari mandiri di rumah?

karena mungkin ada beberapa org yg kebutuhan untuk belajar sap ini tidak urgent sekali, sehingga hanya mencari bahan2 untuk di browse secara offline..toh kapasitas training ini terbatas juga khan..

terima kasih..
-cely-

Anonymous said...

Kang saya setuju kalau pelaksanaan latihan di adakan hari jumat malem waktu indonesia jadi kan sabtu enak pak libur...

kalau hari kerja besoknya harus kerja kan ngantuk...

Kang Yayan said...

DVD+CD Netweaver 2004 bisa anda pesan via pak Syarwani, walaupun anda tidak berniat untuk mengikuti pelatihan ABAP.

Anonymous said...

Dear Kang yayan,

Kalau saya pake netweaver, apakah prosedur & tampilannya sama dengan SAP AllInOne yang biasa dipake sama user2 pada umumnya.

Unknown said...

Ciao tutti,

Kang yayan, nanya lagi neh. IP adress saya kan sharing dgn anak2 kostan saya di milan neh. apakah akan menjadi problem atau tidak selama proses instalasinya nanti?
Nuhun pisan kan.

Regards,
Ryan

Kang Yayan (wong Banten) said...

IP address yg digunkan nya private, jadi nggak ngaruh dng IP address yg dishare dng teman2.

sehat tan said...

Kang Yayan,

Salam kenal..saya baru saja pesan CD instalasi Netweaver ke Bp. Syarwani dan sudah dikirimkan. Tapi saya baru tahu kalau instalasi ini untuk O/S Linux. Kalo saya pakai O/S Windows Home bisa nga untuk install Netweaver atau saya mesti pake Windows Pro/ Windows Server 2003? Karena komputer saya di kantor (client)pakai Home version. Thanks atas inputnya. Saya masi sama sekali belum install apa2 neh. Takut ketinggalan training. Thanks alot, kang Yayan.

cibungkul said...

Kang yayan boleh don ikutan cuman RAM PC ku cuman 256 MB nih apakah Netweaver 2004 nya bisa jalan ?
Internet Online terus cuman waktunya saya paling bisa malem nih sekitar jam 8 malem ke atas maklum kerja di jkt tinggal dibogor. Sekarang ini saya kurang lebih 1 tahun kerja sebagai abaper dan pingin belajar tentang netweaver.

Salam
ERN

Anonymous said...

Kang Yan terimakasih atas kerelaannya mengorbankan waktu, tenaga, dan materi, sesegeranya saya menguasai salah satu bahasa pemrograman saya akan ikutan (mereka yang menanyakan "kok harus bayar" ngga tau aja harga pelatihan SAP itu berapa, saya udah jobain di mansoon academy Bandung Muahaaaaal
Sekali lagi Hatur Nuhun Pisan